Tim sepak bola nasional Ukraina



Team sepak bola nasional Ukraina ( Ukraina : збірна України з футболу ) sebagai wakil Ukraina dalam pertandingan sepak bola pria serta ditata oleh Perkumpulan Sepak Bola Ukraina , tubuh pengontrol sepak bola di Ukraina. Tanah asal Ukraina ialah Stadion Olimpiyskiy di Kyiv. Team ini ialah anggota penuh FIFA semenjak 1992 dan anggota UEFA semenjak 1992
Sesudah Kemerdekaan Ukraina serta pelarian negara itu dari Uni Soviet , mereka mainkan laga pertama mereka menantang Hongaria pada 29 April 1992. Kesuksesan paling besar team di panggung dunia ialah capai perempat final di Piala Dunia FIFA 2006 , yang mengidentifikasi laga team kiprah di final kejuaraan penting. [4]

Untuk negara tuan-rumah, Ukraina dengan cara automatis penuhi ketentuan untuk UEFA Euro 2012. [4] Empat tahun selanjutnya, Ukraina maju ke Euro 2016 lewat jalur play-off, yang pertama-tama maju ke Kejuaraan Eropa UEFA lewat proses kwalifikasi, sebab mereka finish dalam tempat ke-3 dalam group kwalifikasi mereka. Ini mengidentifikasi kali pertamanya dalam lima performa play-off Ukraina yang sukses memenangi laga itu, yang awalnya gagal dalam ikatan play-off untuk Euro 2000 , Piala Dunia 2002 , Piala Dunia 2010 serta Piala Dunia 2014.

Ukraina dilihat untuk masalah detil untuk kemampuan sepakbola anak muda yang sukses di Eropa serta dunia, tetapi tidak berhasil memberi cita rasa yang sama di panggung senior. Team U-20 Ukraina sudah jadi juara dunia yang berkuasa sekarang ini di Piala Dunia U-20 FIFA , sesaat team U-21 sudah memenangi medali perak di Kejuaraan U-21 UEFA Eropa 2006 ; Tetapi lepas dari catatan kaya di panggung pemuda ini, team senior tidak capai tingkat perolehan yang sama. Sesaat team senior Ukraina sukses masuk dalam perempat final Piala Dunia FIFA 2006, team sudah tidak berhasil di Euro 2012 serta 2016, serta belum pernah kembali pada Piala Dunia semenjak itu.

Dengan cara sah timnas Ukraina, timnas dibuat pada awal 1990-an serta selang beberapa saat disadari dengan cara internasional. Tetapi tidak diketahui dengan cara luas, jika Ukraina awalnya mempunyai timnas di tahun 1925–1935. [5] [6] Sama dengan Republik Sosialis Asosiasi Soviet Rusia , Republik Sosialis Soviet Ukraina mempunyai team nasionalnya sendiri.

Rekor permainan paling dahulu yang dimainkannya bisa dijelajahi kembali pada Agustus 1928. Kejuaraan antara timnas republik Soviet dan team kota Moskow diperkirakan akan berjalan di Moskow. Pas sebelum kompetisi diawali, timnas Ukraina mainkan dua laga eksibisi menantang team Asosiasi Olahraga Merah dari Uruguay , satu di Kharkiv (kalah 1-2) serta satunya lagi di Moskow (menang 3-2). Di kompetisi All-Soviet, Ukraina mainkan tiga laga serta capai final dimana kalah dari Moskow 0-1. Selama jalan, Ukraina sukses menaklukkan timnas Belarus serta Transcaucasus.

Di tahun 1929, Ukraina menaklukkan team Austria Hilir dalam laga eksibisi di Kharkiv , menulis score 4-1.

Pada 1931, Ukraina berperan serta dalam kejuaraan All-Soviet yang lain di Moskow. Itu mainkan cuma satu laga, dari mulai semi-final. Ukraina kalah dari timnas Transcaucasus 0–3 serta tersisih.

Di tahun 1986, Ukraina jadi juara kompetisi sepak bola dari Spartakiad Warga Uni Soviet yang diadakan di Ukraina saat diakhir itu menaklukkan team Uzbekistan (Uzbek SSR).

Sebelum kemerdekaan di tahun 1991, beberapa pemain Ukraina sebagai wakil timnas Uni Soviet. Sesudah robohnya Uni Soviet di tahun 1991, Rusia gantikan timnas Uni Soviet di kompetisi kwalifikasi untuk Piala Dunia 1994. Timnas Ukraina gagal masuk kwalifikasi Piala Dunia FIFA 1994 (undian untuk step kwalifikasi diselenggarakan pada 8 Desember 1991, [7] sebelum Ukraina diterima di FIFA). Disamping itu, beberapa pemain Ukraina paling baik diawalnya 1990-an (termasuk juga Andrei Kanchelskis , Viktor Onopko , Sergei Yuran , Yuriy Nikiforov, Ilya Tsymbalar serta Oleg Salenko ) pilih bermain untuk Rusia , sebab dinamakan penerus sah Uni Soviet. [8] Di saat itu Vyacheslav Koloskov ialah salah satu petinggi tinggi dari sisa Uni Soviet dan Rusia yang memegang untuk wapres UEFA pada 1980-1996 serta sebagai wakil semua anggota Uni Soviet dan Persemakmuran Berdiri sendiri. Serikat.

paling akhir, Euro 1988 , di bawah instruksi Valery Lobanovsky , 7 dari 11 pemain pemula ialah Ukraina [9 ]), dipindah ke turunan langsung timnas Soviet - timnas Rusia. Mengakibatkan, kritis dibuat untuk timnas serta liga domestik. Saat Ukraina kembali pada sepak bola internasional di akhir 1994, dia melakukan untuk pemula mutlak.

Fakta lain untuk berlangsungnya kritis keras di sepakbola Ukraina ialah minimnya dana yang ideal dari team. [8] Ini bisa dimengerti dalam soal kritis ekonomi umum yang sudah memengaruhi semua negara CIS ( Persemakmuran Negara-Negara Merdeka ). [8] Tetapi serta tidak sama dengan Rusia, team-team Ukraina nampak benar-benar miskin. [8] Tetapi, ada pula arus balik dari beberapa pemain kelas atas. [8] Viktor Leonenko menyepakati transfer dari Dynamo Moscow ke Dynamo Kyiv. [8] Club Rusia tidak mau membebaskannya, tapi Leonenko tidak mau terus bermain di Moskow. [8]Selama enam bulan pertama kalinya di Kyiv Viktor sangat terpaksa mangkir sebab diskualifikasi FIFA. [8]

Pada beberapa tahun selanjutnya, team Ukraina lebih baik, tampilkan talenta seperti Andriy Shevchenko , Anatoliy Tymoshchuk , Serhiy Rebrov serta Oleksandr Shovkovskiy. Ukraina, bagaimana juga, tidak berhasil penuhi ketentuan untuk kompetisi besar apa saja sebelum 2006.

Popular posts from this blog

Tim sepak bola nasional Slovenia

Tim sepak bola nasional Irlandia (1882–1950)

Tim sepak bola nasional Serbia